Detail Cantuman Kembali
Disain dan Karakterisasi Tangki Penyimpanan Bahan Bakar Kondensat Gas Alam untuk Skala Rumah Tangga
Design and Characterization of Natural Gas Condensate Pressure Vessel
Fuel for Household Application
Name : Elva Nur Syarifah
Study Program : Mechanical Engineering (Engineering System)
Supervisor I : Dr. Ir. Bardi Murachman , SU., DEA.
Supervisor II : Dr. Ir. Andang Widi Harto, MT.
Graduation date : October 2010
ABSTRACT
It has one of this types called natural gas condensate that can be further
processed become potentially alternative energy for daily use. Condensate could
be used to substitute LPG usage because it can operate safer due to higher flash
point than LPG and it also has higher heating value than kerosene own so it can
produce combustion more efficient.
This research is conducted to design condensate vessel by considering
physical properties of condensate such as operational pressure and temperature,
flow rate, specific gravity, and volume. Parameter of vessel design is including
strength, material type, thickness, capacity, vessel geometry, and also pressure
drop from vessel outlet to the burner.
The goal of this research are to know condensate characteristics i.e.
vapor pressure, initial and final boiling point, sulfur content, specific gravity, and
carbon composition by laboratory tests; and also obtain vessel design with the
operational pressure below LPG vessel own. The benefit we can take from this
research are to maximize use of natural condensate from Bojonegoro as fuel for
household and to substitute LPG and kerosene use because condensate is safer and
user friendly.
The results of condensate characteristic are 8.4 psi of RVP, 55-175°C of
boiling point, 2e type of copper strip test, 0.136% sulfur content, and 0.724 of
specific gravity.
The vessel design consists of 21 L capacity with 2.25 L/D, 0.784
minimum shell thickness, 6 bar of operation pressure, 13.7 bar of MAWP, and A
285 Grade B carbon steel as material with 14,300 psi of maximum stress. The
vessel gives best performance when using burner with 1.28 bar (absolute) of
operation pressure and 0.067 g/s of constant flow rate based on numerical
computation so that condensate could be consumed in 41.5 hours and 19.7 kg of
N2 with 5 bar (absolute) of initial vessel operating pressure.
Keywords: natural condensate characteristic, vessel, operating pressure, vessel
thickness.
Disain dan Karakterisasi Tngki Penyimpanan Bahan Bakar Kondensat Gas
Alam untuk Skala Rumah Tangga
Nama : Elva Nur Syarifah
Program studi : Teknik Mesin (Sistem Teknik)
Pembimbing I : Dr. Ir. Bardi Murachman , SU., DEA.
Pembimbing II : Dr. Ir. Andang Widi Harto, MT.
Tanggal lulus : Oktober 2010
INTISARI
Salah satu energi fosil, yaitu gas alam mempunyai salah satu tipe yang
disebut kondensat gas alam yang bila diproses lebih lanjut dapat dijadikan bahan
bakar rumah tangga. Kondensat dapat menggantikan LPG karena dapat beroperasi
dengan lebih aman oleh karena titik nyala kondensat yang lebih tinggi dan
kondensat juga mempunyai nilai kalor lebih tinggi daripada kerosen sehingga
membuat pembakaran lebih efisien.
Penelitian ini dilakukan untuk mendisain tangki tekan penyimpanan
kondensat dengan mempertimbangkan sifat-sifat fisis kondensat meliputi: tekanan
dan suhu operasi, laj alir, densitas, dan volume. Parameter disain tangki meliputi
kekuatan bahan, tipe material, ketebalan, kapasitas, geometri tangki, dan
penurunan tekanan saluran dari tangki menuju burner.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik fisik
kondensat seperti tekanan uap, rentang titik didih, kandungan sulfur, specific
gravity, dan komposisi karbon dengan uji dalam laboratorium. Di samping itu
juga untuk mendapatkan disain tangki yang lebih aman dan praktis digunakan
oleh masyarakat daripada tangki LPG karena tekanan operasinya yang lebih
rendah sehingga diharapkan harganya lebih terjangkau. Manfaat yang dapat
diambil dari penelitian ini adalah memberi kontribusi dalam pemanfaatan
kondensat gas alam sebagai bahan bakar yang berasal dari sumur minyak
Bojonegoro di mana selama ini sebagian besar masih dibuang sebagai flare, selain
juga untuk mendapatkan disain tangki yang lebih aman dan mudah digunakan
daripada tangki LPG.
Hasil penelitian uji karakteristik kondensat adalah tekanan uap Reid 8,4
psi, titik didih 55-175°C, tipe 2e uji korosifitas lempeng tembaga, 0,136% berat
kandungan sulfur, dan berat jenis 0,724.
Disain tangki meliputi kapasitas total tangki 21 L dengan rasio tinggi
shell : diameter tangki 2,25, ketebalan minimum 0,784 mm, tekanan operasi 6 bar,
tekanan maksimum kerja yang diizinkan 13,7 bar, dan tipe material baja karbon A
285 Grade B dengan stress maksimum yang diizinkan 14.300 psi. tangki
memberikan performa terbaik jika digunakan pada burner dengan tekanan masuk
1,28 bar dan laju alir konstan 0,067 g/s berdasarkan perhitungan numerik sehingga
kondensat dapat dihabiskan dalam 41,5 jam dan menghabiskan 19,7 kg N2 dan
tekanan operasi tangki awal 5 bar.
Kata kunci: karakteristik kondensat, tangki, tekanan operasi, ketebalan tangki
Syarifah, Elva Nur - Personal Name
Murachman, Bardi - Personal Name
Harto, Andang Widi - Personal Name
Murachman, Bardi - Personal Name
Harto, Andang Widi - Personal Name
Juni 2010
R 338.642 Sya d c.1 06.2010
338.642
Thesis
Indonesia
Magister Sistem Teknik UGM
2010
Yogyakarta
xiv, 81 hlm,; ilus.; 29 cm.
Disertai CD
LOADING LIST...
LOADING LIST...